Langkah Selanjutnya Setelah Mengambil Keputusan (Part 2)


Respon diri diperlukan untuk membantu seseorang mengelola diri dengan baik, sehingga dapat membantu dalam setiap aktivitas yang dilakukan, termasuk dalam usaha melakukan suatu keputusan. Respon diri yang sesuai bagi setiap orang berbeda-beda dan disesuaikan juga dengan kondisi tubuh atau fisik seseorang. Untuk mengetahui respon yang sesuai, seseorang perlu belajar mengenal dan memahami diri sendiri, seperti mengenal sejauh mana batas maksimal tubuh atau hal yang harus dilakukan ketika sedang dalam kondisi tidak menyenangkan.

Salah satu respon diri yang sesuai bagi saya ketika sudah mulai stress dengan pikiran-pikiran sendiri atau plan tidak sesuai yang diinginkan adalah olahraga dan melakukan meditasi. Kegiatan tersebut membantu saya untuk mengganti fokus saya, membantu berpikir secara lebih jernih, dan mengeluarkan energi berlebihan yang tidak diperlukan. Di beberapa situasi, menulis dan bercerita kepada orang juga dapat membantu saya untuk tidak merasa down berlebihan. Saya juga biasanya memilih terus maju dan mencoba, ketika sedang dalam kondisi mau menyerah. Ketika saya senang, saya juga belajar untuk tidak senang secara berlebihan. Saya biasanya akan mengucap syukur, berdoa, dan berbagi kepada orang-orang terdekat atau merayakan hanya dengan orang-orang terdekat yang biasanya mendukung saya. Saya tidak mau terlalu berlarut dalam kesenangan karena biasanya ketika tubuh terbiasa merespon kesenangan secara berlebihan, maka tubuh juga akan merespon kesedihan secara berlebihan, karena tubuh sudah terbiasa untuk merespon suatu event atau perasaan secara berlebihan.

Cara orang untuk merespon suatu hal berbeda-beda dan biasanya disesuaikan juga dengan kebutuhan. Oleh karena itu, seseorang perlu belajar mengenal dan memahami dirinya. Sambil mengenal dan memahami diri, seseorang dapat belajar untuk mengenal cara-cara dan kebutuhan yang sesuai dengan diri mereka. Mereka dapat belajar dari orang lain, namun tetap perlu disesuaikan kembali dengan diri mereka (yang orang lain lakukan belum tentu sesuai dengan diri kita). 

Ketika tubuh sedang dalam keadaan rentan atau lelah, maka seseorang dapat mengambil waktu untuk beristirahat sejenak atau melakukan berbagai hal yang disuka untuk dapat mengecas diri. Memaksa tubuh yang sedang dalam keadaan lowbat dapat membuat tubuh menjadi semakin rentan dan akhirnya dapat membuat perasaaan dan sikap orang tersebut menjadi cenderung negatif. 

Berhasil tidaknya seseorang melakukan keputusan yang dibuat atau mencapai yang diinginkan, bukan berdasarkan perasaan seseorang namun sikap atau respon seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan. Respon dan strategi yang sesuai dapat membantu seseorang berhasil melakukan keputusannya (atau mengkin mengubahnya menjadi lebih baik), sebaliknya respon dan strategi yang tidak sesuai dapat menghambat seseorang melakukan keputusannya.  

Referensi gambar: https://www.ketchupmoms.com/blog/understand-yourself-you-will-be-happy

Comments

Popular posts from this blog

Beranikah Kamu Untuk Bermimpi?

Keluar dari Rasa Nyaman dan Mencoba Ketidakpastian

Waktu