Menunggu



Menunggu merupakan hal yang membosankan dan cenderung menyebalkan [setidaknya bagi saya:)]. Walaupun begitu, menunggu mengajarkan beberapa hal. Hal pertama yang diajarkan adalah lama atau tidaknya waktu tergantung bagaimana seseorang mempersepsikan dan memaknainya, serta tergantung dari cara seseorang menggunakannya. Ketika seseorang menunggu sendiri dan tidak melakukan apa-apa maka orang tersebut dapat merasa bosan dan merasa bahwa waktu berjalan lama. Sebaliknya, jika seseorang menghabiskan waktu menunggu dengan melakukan berbagai hal, misalnya membaca buku atau mengobrol, maka waktu dapat berjalan dengan cepat.

Hal kedua yang diajarkan adalah bahwa setiap detik waktu itu berharga. Ketika kita menunggu sesuatu, maka kita cenderung tidak sabar atau cenderung sering menghitung waktu. Ketika kita menunggu hal penting atau yang kita suka, maka kita berharap waktu tersebut dapat berjalan dengan cepat. Ketika waktu berjalan lebih cepat 5 menit saja, maka mungkin kita sudah senang karena semakin cepat kita mendapatkan yang diinginkan. Hal tersebut memperlihatkan bahwa setiap waktu, termasuk setiap detik berharga.

Hal ketiga yang diajarkan adalah waktu itu akan terasa cepat atau lambat juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas seseorang ketika menunggu atau bagaimana seseorang memanfaatkan waktu menunggu. Ketika seseorang melakukan hal yang menyenangkan atau disukainya, maka waktu dapat berjalan cepat, sebaliknya ketika melakukan hal yang tidak disukainya atau bahkan mungkin tidak melakukan apa-apa mungkin membuat waktu terasa lambat.

Hal terakhir yang diajarkan bahwa setiap hal membutuhkan waktu dan proses. Kita dapat mengibaratkan bahwa ketika kita mendapatkan sesuatu yang ditunggu atau bertemu seseorang yang ditunggu maka waktu tersebut adalah waktu yang tepat. Kita tidak akan mendapatkan hal yang ditunggu lebih cepat atau lambat dari waktu tersebut. Ketika memang belum waktuya, maka kita tidak dapat menerimanya, seperti ketika seseorang menunggu lahirnya seorang bayi. Hal tersebut memperlihatkan bahwa segala sesuatu memerlukan proses serta waktu dan menunggu merupakan hal yang harus atau pasti (pernah) dilakukan seseorang dalam hidup.

Jadi, ketika seseorang sedang dalam proses dan menunggu untuk naik level atau menjadi pribadi lebih baik, seseorang dapat berusaha menjalaninya dengan melakukan berbagai hal yang disukai. Hal tersebut dapat membantu agar waktu terasa tidak berjalan dengan lama. Seseorang juga dapat mencoba mengubah atau membentuk persepsi yang positif. Ketika sedang dalan suatu proses, hargai setiap waktu yang ada karena setiap waktu berharga dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Referensi gambar: https://issuesfromtheheart.com/2017/08/15/wait/

Comments

Popular posts from this blog

Beranikah Kamu Untuk Bermimpi?

Keluar dari Rasa Nyaman dan Mencoba Ketidakpastian

Waktu