Privilege

Setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda. Tanpa disadari, setiap orang mempunyai privilege atau keistimewaan yang berbeda-beda juga. Banyak dari keistimewaan yang dimiliki seseorang didapatkan merupakan sebuah hadiah atau didapatkan tanpa usaha tertentu/gratis. Salah satu contoh keistimewaan yang dipunya misalnya ketika seseorang terlahir tanpa mempunyai penyakit bawaan atau ketidaksempurnaan tertentu.

Orang yang dapat lahir dan tumbuh dengan sehat merupakan sebuah privilege atau keistimewaan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Ada orang-orang tertentu yang lahir dengan penyakit tertentu atau keterbatasan fisik tertentu, padahal mungkin berasal dari keluarga yang lebih baik atau ekonomi lebih baik. Hal tersebut memperlihatkan bahwa keadaan, situasi, atau lingkungan tidak menentukan keistimewaan yang dimiliki oleh seseorang. Karakteristik atau baik buruknya seseorang juga tidak menentukan privilege yang dimiliki seseorang.

Ada orang yang berasal dari keluarga yang kaya namun harus kehilangan orangtua dari usia muda, tetapi ada orang yang berasal dari keluarga berkekurangan namun mempunyai orangtua yang lengkap. Ada suatu ungkapan yang sering diucapkan orang-orang, hidup orang ada rezeki, jodoh, dan takdirnya masing-masing. Rezeki, jodoh, dan takdir seseorang diatur oleh Tuhan. Takdir tersebut merupakan privilege atau keistimewaan yang dimiliki oleh seseorang, yang kebanyakan diluar kontrol seseorang.

Apa yang membuat seseorang mempunyai privilege tertentu? Tidak ada yang tahu penyebabnya. Hidup kita belum tentu lebih baik dari orang lain, untuk bisa mempunyai privilege tertentu yang mungkin diinginkan oleh orang lain. Orang yang masih mempunyai kedua orangtua belum tentu hidupnya lebih baik dibandingkan dengan orang yang sudah kehilangan salah satu atau kedua orangtuanya dari kecil. Orang yang harus bekerja banting tulang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri belum tentu mempunyai hidup yang lebih buruk dibandingkan orang yang tidak harus bekerja dan sudah terpenuhi kebutuhannya belum tentu hidupnya.

Banyak orang tidak menyadari privilege yang dimilikinya masing-masing sehingga tidak mensyukurinya. Tidak sedikit orang yang terfokus atas hal yang tidak dimiliki dan terkadang mengharapkan privilege orang lain, padahal mungkin orang lain juga mengharapkan privilege yang kita punya. Setiap orang mempunyai privilege yang berbeda-beda, sehingga kita perlu mensyukuri privilege yang masing-masing. Ketika seseorang terus-menerus melihat dan membandingkan kehidupan orang lain, maka mereka cenderung tidak menyadari privilege yang dimiliki dan mungkin merasa bahwa mereka tidak mempunyai privilege apa-apa. Padahal, hidup sendiri merupakan sebuah privilege.

Banyak orang yang berhadap untuk dapat hidup atau mempunyai hidup yang lebih panjang, namun tidak dapat memilikinya. Banyak orang yang harus kehilangan hidupnya karena dibunuh atau terbunuh, misalnya karena bencana alam, perang, dsb. Apakah orang-orang tersebut mempunyai hidup yang lebih buruk daripada orang yang hidup? Belum tentu. Baik atau buruk tidak menentukan privilege yang dimiliki oleh seseorang. Banyak privilege yang dimiliki seseorang merupakan sebuah anugerah atau pemberian secara cuma-cuma. Privilege apa saja yang sudah kita miliki? Sudahkah kita mensyukuri anugerah tersebut? 

Comments

Popular posts from this blog

Beranikah Kamu Untuk Bermimpi?

Keluar dari Rasa Nyaman dan Mencoba Ketidakpastian

Waktu